Sabtu, 02 Juni 2012

Troubleshoot dan Error

Apa kalian tau troubleshoot itu apa? mari saya jelaskan >> 
Troubleshoot adalah segala masalah yang timbul yang dari komputer yang disebabkan oleh .hardware , software , brainware .

     teknik dalam mendeteksi troubleshoot ada 2 macam :

1. Teknik Forward  >> Teknik ini menggunakan pendeteksian masalah dari komputer dirakit dan belum di aliri oleh listrik. teknik yang termasuk dalam golongan ini misalnya pemeriksaan kabel - kabel power, kabel data maupun kipas , apakah sudah terpasang ataupun belum, pengecekkan pemasangan card tambahan seperti VGA , sound card , LAN card sudah terpasang dengan benar atau belum.

2. Teknik Backward >> Hampir sama dengan teknik forward,  teknik Backward ini digunakan setelah komputer dinyalakan atau dialiri dengan listrik. Teknik lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar. Dapat kita ambil beberapa contoh sebagai berikut :
  • Floppy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik.
  • Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan.
  • dsb.
Untuk mendeteksi masalah yang paling banyak digunakan adalaha teknik backward, kita dapat mendeteksi berdasarkan suara ( beep code ) , tampilan  ( biasanya pesan error ), dan menggunakan pengukuran.
Pendeteksian pada beep code biasanya akan berhubungan dengan masalah yang terjadi pada RAM dan VGA. Pendeteksian tampilan ( biasanya pesan error ) akan berhubungan dengan masalah yang terjadi pada system operasi, dan disk drive.

Selanjutnya Error , apa kalian tau error ? pasti sebagian besar sudah tau yaa...
tapi ini cuma pelengkap aja kok, Error adalah ketidaktepatan , kekeliruan, atau kesalahan yang disebabkan oleh perangkat lunak, perangkat keras dan juga manusia.
Ada tiga kesalahan yang biasa terjadi , yaitu logical error, runtime error dan syntax error.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar